GELAR PESANTREN KILAT SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERDALAM ILMU AGAMA DAN MEMPERKUAT KEIMANAN SISWA SDN CINANGKA 03


Bandung,  Senin (10/4) bertempat di SDN Cinangka 03 Jalan Paratag No. 72, Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Mahasiswa program MBKM UPI Kampus Cibiru dan Guru Pendidikan Agama Islam Ibu Jeni Handayani berkolaborasi mengadakan kegiatan pesantren kilat. Kegiatan ini biasa rutin dilaksanakan setiap bulan ramadhan untuk memperdalam ilmu agama disemua sekolah salah satunya di SDN Cinangka 03. 
Kegiatan ini melibatkan seluruh peserta didik dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan semua guru di SDN Cinangka 03. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu yaitu dari tanggal 10 April 2023 – 15 April 2023. Siswa dibimbing mengenai nilai – nilai keislaman, kebangsaan, dan kenegaraan. Selain diberikan materi, peserta didik juga diajak untuk melakukan kegiatan sosial. 
“Saya sangat berterima kasih sekali kepada Mahasiswa magang program MBKM dari Upi Cibiru yang mau ikut berkolaborasi dengan Ibu Jeni selaku guru Pendidikan Agama Islam untuk mengadakan kegiatan pesantren kilat. Dengan adanya pesantren kilat, sekolah berusaha untuk memberikan fasilitas pada peserta didik untuk memperdalam ilmu agama walaupun peserta didik sedang berada dalam lembaga pendidikan umum, tak berada di lingkungan pesantren. Pada kegiatan pesantren kilat ini, saya melihat seperti terciptanya suasana di pondok pesantren” ujar Ibu Hj. Eti Idawati selaku kepala sekolah SDN Cinangka 03. 

Ibu Hj. Eti Idawat juga berharap dengan adanya kegiatan pesantren kilat ini bisa menjadi refleksi diri dari peristiwa turunnya Al – Quran serta untuk membentuk sikap peserta didik yang memahami nilai – nilai yang ada pada Al – Quran dengan baik dan dapat meneladani dalam kehidupan sehari – hari. 
“materi agama yang diajarkan kami usahakan sesuai dengan kondisi remaja saat ini seperti pentingnya berpuasa dan bersedekah, bahaya pergaulan bebas dan narkoba, dan lain sebagainya.  Kami juga memberikan materi akhlak agar tertanamnya dalam diri peserta didik akhlak yang baik dan tentu dalam pemilihan kata yang sesuai dengan usia siswa sekolah dasar”  ujar Ibu Jeni Handayani selaku guru Pendidikan Agama Islam di SDN Cinangka 03. 
Menurut Ibu Jeni, jika didalam diri peserta didik sudah tertanam nilai – nilai akhlakul karimah, maka ketika mereka dewasa dan kelak menjadi seorang pemimpin sudah mengantongi nilai – nilai kebenaran dan agama yang baik.  Selain itu, diadakannya kegiatan pesantren kilat juga untuk membangun semangat baru dalam diri siswa .
Tags :-

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !