antusiasme siswa siswi belajar wordwall |
Bandung.
Selasa (23/5) bertempat di SDN 258 Sukarela Desa Cipadung Kulon Bandung,
mengadakan kegiatan pembelajaran menggunakan papan tulis interaktif yaitu
menonton video pembelajaran dan menggunakan aplikasi “Wordwall” sebagai media
pembelajaran dalam bentuk implementasi literasi digital. Kegiatan ini
melibatkan siswa kelas 2 dibimbing oleh Vesha
Nuriefer Haliza, Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampu Cibiru
angkatan 2020 jurusan PGSD yang sedang melakukan Program Magang MBKM Mandiri
Prodi PGSD 2023. Para siswa diberikan materi
video pembelajaran mengenai “Pancasila” dan soal berupa games menggunakan
aplikasi “Wordwall”. Materi tersebut diterapkan guna memperdalam untuk mengenal
lambang Pancasila dan maknannya.
Seperti yang telah kita ketahui perkembangan teknologi dan informasi telah berkembang pesat dan memberikan dampak yang besar salah satunya pada dunia pendidikan pada berbagai jenjang pendidikan termasuk sekolah dasar. Teknologi yang dimanfaatkan oleh dunia pendidikan yaitu media pembelajaran yang dapat membantu mempermudah dan memperkaya proses pembelajaran, terutama dalam mengajarkan literasi pada anak-anak. Selain itu, dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Siswa akan menjadi lebih termotivasi karena penggunaan media pembelajaran ini menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Salah satunya dengan penggunaan papan tulis interaktif dan aplikasi wordwall.
Melalui aktivitas-aktivitas ini terlihat antusiasisme
para siswa dalam mengikuti kegiatan ini. Siswa menjadi lebih mudah tangkap
dengan materi yang dipaparkan melalui video animasi serta pemberian soal-soal yang diberikan melalui
aplikasi “Wordwall” berbentuk games membuat siswa lebih aktif dan cepat dalam pengerjaannya. Secara tidak
sadar juga para siswa menunjukan karakter dirinya. Dampaknya memperjelas
hubungan prosedur kebiasaan literasi (yang nantinya akan membentuk metode
membaca) dengan pengembangan karakter siswa.