PENGHIJAUAN DAN TAMANISASI UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN CINANGKA 03

 

Program Penghijauan SDN Cinangka 03

Bandung, Jumat (24/2) bertempat di SDN Cinangka 03 Jalan Paratag No. 72, Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Mengadakan kegiatan penghijauan dan tamanisasi sebagai bentuk pengenalan menjaga dan merawat lingkungan sekitar sekolah.  Kegiatan ini tentunya melibatkan seluruh peserta didik kelas I sampai dengan kelas VI. Peserta didik diminta untuk membawa Tanaman, selain diminta untuk membawa tanaman, peserta didik juga diminta untuk membantu menyiapkan media tanam yang akan digunakan. Tujuan dari kegiatan ini selain untuk memberikan edukasi bagi peserta didik juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan di sekitar sekolah.


Kegiatan penghijauan dan tamanisasi dimulai pada pukul 07.00 yang dilaksanakan di halaman sekolah. Jenis tanaman yang dibawa oleh peserta didik sangat beragam macamnya. Peserta didik dibebaskan membawa jenis tanaman yang mereka inginkan. Jenis tanaman yang dibawa oleh peserta didik diantaranya tanaman hias, tanaman obat keluarga (TOGA), tanaman warung hidup. metode pembelajaran yang bersifat praktikal ini mulanya berasal dari ide salah seorang guru wali kelas di kelas I  yaitu Ibu Nani Netty Prihatini yang meminta peserta didik membawa tanaman hias berbunga. Kegiatan pembelajaran ini juga mendapatkan respon positif dari seluruh warga sekolah dan orang tua dari peserta didik.  

Kegiatan ini juga menunjukkan bahwa di SDN Cinangka 03 tidak hanya berfokus pada pembelajaran di dalam kelas yang menjadi tujuan utama dari Pendidikan, namun kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan peserta didik untuk peduli dan peka terhadap lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Selain itu kegiatan penghijauan dan tamanisasi sekolah ini sebagai salah satu cara terwujudnya dan terciptanya sekolah Adiwiyata atau yang biasa disebut dengan Green School.



Tags :-

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !