Bawaslu subang ajak masyarakat untuk menangkal hoax dalam pemilu

 

Layer kegiatan ngabuburit daring

Subang, Sabtu sore di acara ngabuburit yang diselenggarakan Relawan TIK kabupaten subang, di adakan kegiatan Diskusi melalui daring bersama bawaslu kabupaten subang yang diwakili oleh ketua divisi pencegahan Imanudin. Di Bulan Ramadhan ini, Relawan TIK Subang terus gencar melakukan kegiatan-kegiatan dengan spirit Ramadhan Berkreasi.

Pada kali ini RTIK subang mengundang narasumber dari Bawaslu Subang, dengan tema Anti Hoax Menjelang Pemilu, apakah Perlu?.

Imanudin memaparkan materi tentang Kesiapan penyelenggara pemilu dalam menghadapi arus banjir Informasi digital, dalam pemaparannya, imanudin menjelaskan dalam menghadapi konstelasi kepemiluan ini, penyelenggara pemilu dituntut harus bisa mengantisipasi kerawanan pemilu. Karena diprediksi kerawanan yang akan terjadi kesamaan isu yang akan terjadi sepertihalnya di tahun 2019 seperti iklan kampanye di luar jadwal, materi kampanye bermuatan sara, hoax ujaran kebencian ataupun pelanggaran lokal kampanye.

Selain itu imanudin melanjutkan,  terdapat dampak disinformasi atau hoax yang disebarkan ke masyarakat yang harus diantisipasi oleh bawaslu diantarannya adalah polarisasi masyarakat atau kubu, ketidakpercayaan terhadap penyelanggara pemilu, ketidakpercayaan pada hasil pemilu, muncul kekerasan di tengah masyarakat pasca ditetapkannya hasil pemilu.

Sementara ketua RTIK Subang Wijaya Kusuma mengintruksikan kepada pengurus RTIK yang hadir di kegiatan daring tersebut untuk ikut menyukseskan Pemilu 2024 dan mendukung bawaslu dalam pengawasan kepemiluan. Kemudian wijaya mengajak ke para peserta diskusi daring untuk bijak dalam mempergunakan media social dan informasi yang didapat. “semoga masyarakat kita ketika mendapatkan informasi dapat menyaring dulu sebelum di sharing” imbuhnya.

Di akhir kegiatan Imanudin menghimbau dan mengajak masyarakat dalam untuk mensukseskan pemilu 2024, sesuai dengan slogan bawaslu yaitu “bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu”. Kegiatan ngabuburit online tersebut di pandu oleh moderator kukun kurniawan yang merupakan ketua bidang humas RTIK dan dihadiri oleh peserta  dari berbagai instansi dan masyarakat umum.


Tags :-

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !