Meniupkan Kembali Spirit Sumpah Pemuda




OPINI – Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tahun pada tanggal 28 Oktober, dan di tahun 2022 ini Sumpah Pemuda sudah berusia 94 tahun lamanya. Mari kita merefleksikan sejenak akan peristiwa sejarah terbentuknya Sumpah Pemuda yang menjadi sebuah tonggak pergerakan untuk mencapai Kemerdekaan Republik Indonesia. Bersatunya pemuda-pemuda seluruh Indonesia dari berbagai penjuru tanah air berkumpul menjadi satu tempat di Jakarta untuk mendeklarasikan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 pada Kongres Pemuda Kedua. Pada saat itu, para Pemuda Indonesia sudah mampu melahirkan dan memikirkan bagaimana nasib masa depan Bangsa Indonesia ini selanjutnya.

Sumpah pemuda tidak terjadi begitu saja tanpa adanya sebuah perjuangan yang panjang, perjuangan untuk tidak lagi melihat batasan kita sebagai Suku, Adat, Ras, dan Agama. perjuangan mengesampingkan rasa kecintaan terhadap daerahnya masing-masing (primordialisme ) untuk tujuan yang lebih besar yaitu persatuan Indonesia.

Sejalan dengan perkembangan zaman dan perubahan sejarah, akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kehidupan masyarakat kota dan masyarakat desa memang sangat modern. Di kota-kota besar misalnya, masyarakat hidup di antara sekitar gedung bertingkat yang tingginya seperti mencakar langit. Kesemuanya itu mengundang perhatian orang untuk berbaur hidup agar saling berhimpitan di setiap sudut kota tersebut.

Jika kita renungkan bersama, misalnya mampukah kita sebagai pemuda-pemuda desa yang ingin melakukan perantauan ke kota-kota besar itu dengan ilmu yang masih sangat sedikit bisa menaklukkan dunia? Seperti halnya menggapai kota besar yang penuh dengan ragam budaya dan tantangan, pasti mempunyai jaringan sosial yang bisa menjadi tumpuan dan jembatan untuk menggapai cita-citanya tersebut.

Oleh karena itu, sadarlah wahai para pemuda-pemuda Indonesia khususnya generasi muda yang saat ini harus memperjuangkan nasib untuk meraih cita-cita kalian. Dengan melihat sejarah kita sebelumnya dan kenyataan hidup yang sekarang, mari kita lawan dan bangkit dari rasa keterpurukan yang sering menghampiri kita sehari-hari. Milikilah sikap keberanian dalam mengambil setiap keputusan dan mari kita tingkatkan rasa tangguh dan semangat demi meraih masa depan kita yang lebih gemilang.

“Jika bangsa ini sudah berjanji untuk menjadi bangsa yang merdeka maka tugas kita adalah menjaga janji itu” Anas Urbaningrum dalam bukunya Janji Kebangsaan kita.

Selamat menyambut Hari Kelahiran Sumpah Pemuda. Tetap sehat dan semangat

Penulis : Akbar Aba. S.Pd, Mahsiswa PKn Program Pascasarjana UPI


Tags :-

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !