KPAD Subang HAdiri Grand Launching FIlm Arul Hadiah Terbaik

 

KPAD Subang Bersama Kanit PPA Polres Tasikmalaya dan Arul


Ketua KPAD Subang Merry Meriam atau yang biasa dipanggil emak beserta Komisioner KPAD Siti Maulida Puspita dan staf, menghadiri undangan Grand Launching Film Arul Hadiah Terbaik Anak asuh Polres Tasikmalaya yang diselenggarakan oleh Polda Jawa Barat yang bertempat di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten bandung Selasa 28/6.

Hadir dalam grand launching tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana, Wakapolda beserta jajaran Polda Jabar. Perwakilan kadiv Humas Polri, Kodam Siliwangi, Kemenparekraf, Erlinda dari Staf Ahli Kepresidenan, Dr. Susanto Ketua KPAI Pusat, forkopimda Provinsi Jawa Barat, para Kepala daerah se jawa barat beserta jajaran kepala dinas perlindungan anak, ketua KPAD se jawa barat dan tamu undangan masyarakat.

Bersama Ketua KPAI RI dan Forum Komunikasi KPAD Se-Jabar


Film arul hadiah terbaik ini diangkat dari kisah nyata yang proses pembuatan filmnya di perankan oleh 90% aslinya. Film ini dikisahkan dari seorang anak dari keluarga yang hidup digaris kemiskinan dan terpaksa mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Suatu waktu ketika melancarkan aksi pencurian, arul ditangkap dan serahkan ke kepolisian oleh warga dan dilakukan proses hukum dengan berdasarkan Undang undang sistem peradilan pidana anak nomor 11 tahun 2012 dan arul masih dalam kualifikasi anak dibawah umur maka kepolisian mengupayakan untuk Diversi, masyarakat menyetujui proses hukum yang berlangsung namun warga menolak arul untuk kembali lagi ke kampung nya dan dianggap meresahkan. Untuk sementara arul ditempatkan di kantor polisi Tasikmalaya dan Pihak kepolisian berkoordinasi dengan KPAID tasikmalaya tentang keberlangsungan hak anak untuk arul diantaranya adalah hak pendidikannya, Kapolres Tasikamalaya yang akhirnya mengangkat Arul menjadi anak asuh Polisi.

Kisah nyata ini yang kemudian diangkat menjadi sebuah film yang bertujuan untuk mengedukasi tentang pola asuh anak didalam keluarga. Ketua KPAD Subang melalui Komisioner Siti Maulida Puspita  menyampaikan kesan terhadap film ini betapa pentingnya pola pengasuhan keluarga apalagi di garis kemiskinan, film ini sarat makna yang mendalam, apalagi tepat di tanggal 29 juli diperingati hari keluarga nasional.  Kemudian lanjut Siti di film ini terdapat pesan moral dimana ada sisi edukasi bagi masyarakat luas terkait dengan tindakan kepolisian yang humanis dalam penanganan pidana anak.

Kini arul menjadi santri di salahsatu pesantren di tasikmalaya demi untuk mewujudkan cita citanya menjadi polisi. Masih banyak arul arul lain di luar sana yang mempunyai harapan dan cita-cita namun berada di garis kemiskinan. Semoga film Arul hadiah terbaik ini bisa mengedukasi seluruh elemen baik pemerintah dan seluruh masyarakat dalam pengasuhan dan pemenuhan hak- hak anak. 

Tags :-

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !